Mantapkan Sinergitas, Setwan Sulut Gelar Media Gathering Bersama Forward

MANADO,kabarmanado.co.id – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengadakan Media Gathering bersama Forum Wartawan DPRD Sulut (Forward), Jumat, 2 Juli 2021 di Restaurant Pondok Hijau Mapanget Kota Manado.

Media Gathering dibuka Sekretaris DPRD Sulut (Sekwan) Glady Kawatu, dengan tema Pers Sebagai Four Estate Diera Reformasi Harapan dan Tantangan Pembicara Taufik Manuel Tumbelaka.

Kegiatan ini dimaksudkan agar lebih tercipta suasana keakraban antara DPRD dan wartawan.

Narasumber di Media Gathering yakni Taufik Tumbelaka seorang pengamat, analisis politik dan pemerintahan mengulas panjang materi yang dibawakan, dikatakan pers adalah bagian dari sejarah perjalanan bangsa indonesia, maka pers disebut sebagai pilar demokrasi.

Taufik Tumbelaka menguraikan kedudukan pers dan peran penting dalam demokrasi.

“Perjalanan sebuah demokrasi, berawal dari seorang filsuf asal inggris john lock, filsuf ini menentang kekuasaan yang absolut oleh raja- raja di Eropa, dengan perjuangannya itu akhirnya lahir pemisahan kekuasaan diantaranya kekuasaan eksekutif, legislatif dan judikatif, seiring dengan waktu perjuangan demokrasi terus berlanjut sampai ke era kini akhirnya pers mendapat tempat dalam demokrasi, tadinya hanya tri kekuasaan atau disebut 3 pilar demokrasi berubah menjadi 4 pilar demokrasi salah satunya adalah pers,”ucap Tumbelaka

Menurut Taufik, pers memegang peranan penting dalam membangun komunikasi politik dengan berbagai pemangku kepentingan dan elemen bangsa.

“Wartawan punya peran penting dan memberi kontribusi dan spirit demokrasi serta menjalin hubungan baik dan harmonis dengan pemangku kepentingan, selain itu pers dalam kerjasamanya menciptakan pemberitaan berdampak baik selain itu pers dapat memberi masukan yang konstruktif dan membangun juga dapat bersifat kritis dan pengawasan untuk menjadi lebih baik.”tutur Tumbelaka.

Sekretaris DPRD Sulut Glady Kawatu memberi apresiasi bagi pemateri juga wartawan dalam kegiatan ini.

“Semua wartawan di DPRD adalah mitra kami untuk itu bisa bersinergi dalam upaya kerjasama peliputan di dewan, pers adalah bagian dari pilar demokrasi bersinergi membangun kelembagaan DPRD Sulut,”ujar Sekwan.

Selanjutnya diakhir pembicaraan, sekwan berharap pers dan DPRD terus jalin keakraban.

“Pertemuan seperti ini akan menjadi agenda rutin untuk dilakukan,”Jelasnya.

Turut hadir Sekwan Glady Kawatu, Kabag Umum Jhon Parunan, Kabag Keuangan Dammy Tendean, Kabag Persidangan Ronny Geruh, Staf DPRD Sulut, THL dan Forward.

Be the first to comment on "Mantapkan Sinergitas, Setwan Sulut Gelar Media Gathering Bersama Forward"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*