Legislator Sulut Mulai Lobi AKD DPRD Sulut Antar Fraksi, Ini Prediksinya

2 min read

KabarManado.Co.Id

Pasca dilantik 9 September silam, legislator Sulut memulai aktivitas dengan melobi antar fraksi untuk pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Fraksi PDIP yang berjumlah 19 orang menjadi magnet tersendiri bagi fraksi lain. Informasi yang beredar, Fraksi Partai Golkar akan gabung bersama Fraksi PDIP plus legislator dari PKS.

Jika hal ini terwujud, Koalisi fraksi PG dan Fraksi PDIP Plus akan berjumlah 26 legislator  dan bakal menguasai pimpinan AKD yakni, Komisi I, II, III, IV, Badan Legislasi serta Badan Kehormatan.

“Ketua Komisi I, II, III serta Badan Kehormatan akan dipimpin FPDIP sedangkan Komisi IV bakal dipimpin FPG. Baleg diprediksi dipimpin legislator PKS, Amir Liputo. Untuk wakil ketua dan sekretaris masing-masing AKD dibagi kepada Fraksi Partai Demokrat, Nasdem serta Gerindra. Ini hanya kemungkinan atau prediksi apabila FPG-PDIP plus sepakat,”bisik sumber kepada wartawan.

Ada juga skenario lain dengan menggandeng semua fraksi. Bisa juga semua fraksi dirangkul. Koalisi besar AKD dipimpin Fraksi PDIP. Tiga AKD dipimpin FPDIP, sedangkan tiga AKD lainnya dibagi kepada Golkar, Nasdem dan Demokrat.

Tak itu saja, ada kemungkinan terakhir yakni fraksi PDIP bakal dikeroyok oleh fraksi lain di DPRD. Kemungkinan terakhir bisa jadi karena faktor Pilkada dimana FPDIP akan berhadapan dengan koalisi besar yakni bergabungnya FPG, FPD dan F Nasdem. Jika ini yang terjadi, FPDIP akan kesulitan di AKD nanti karena akan kalah jumlah anggota. 

More From Author

+ There are no comments

Add yours